Senin, 02 Mei 2011

Kesuksesan Berawal Dari Impian

Kesuksesan Berawal Dari Impian

A Knight Tale, sebuah judul film yang menjadi salah satu film favorit saya. Diceritakan seorang anak tukang reparasi genteng rumah yang bermimpi untuk menjadi seorang bangsawan. Sepanjang hidupnya dicurahkan untuk mengikuti setiap langkah seorang ksatria yang menjadi panutannya, menempa diri dan terus memegang impian yang menjadi kebanggannya dan juga tentunya orang tuanya. Butuh bertahun-tahun baginya untuk bisa sampai pada tujuan yang diimpikannya, berbagai cobaan dan godaan datang untuk menggoyahkan segala usahanya. Hingga tiba saat ketika pada akhirnya dia mendapat gelar kehormatan sebagai seorang bangsawan ‘Sir William Ulrich’, yang pada saat itu hampir mustahil dimiliki oleh seorang anak dari rakyat jelata, anak seorang tukang genteng. Film yang sangat bagus, anda harus menontonnya.
Amanat yang dapat diambil dari film ini adalah impian besar akan membawa kita menjadi orang yang besar. Bagaimana dengan kenyataannya?
Kalau anda bukan penggemar film, khususnya film kartun, mungkin anda jarang atau bahkan belum pernah mendengar nama Walt Disney, tapi saya yakin anda pernah mendengar Donald Duck atau Mickey Mouse. Walt Disney adalah tokoh dibalik kesuksesan film animasi Donald & Mickey. Dengan impian besarnya jadilah dia salah satu produser film terbesar di Hollywood.
Siapa yang tidak mengenal Thomas Edison. Hampir setiap orang tahu siapa Thomas Edison sebelum dikenal sebagai seorang ilmuan. Hanyalah seorang yang dianggap idiot yang dikeluarkan dari sekolahnya. Namun impiannya dan semangatnya membawanya kepada keberhasilan dan ketenaran. Persamaan dari kedua nama tersebut dan juga tokoh-tokoh besar lainnya di dunia adalah semuanya berawal dari sebuah impian besar.
Mimpi adalah cita-cita, sesuatu yang ingin kita capai, sebuah tujuan hidup yang ingin kita raih. Impian adalah garis finish dimana kita akan berhenti. Impian akan membawa kita pada hidup yang lebih bersemangat, terarah, lebih tegas, dan lebih fokus. Karena tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, seseorang yang tanpa impian akan selalu terombang-ambing, tidak memiliki semangat tinggi dan menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak berarti.
Bayangkanlah Anda dan keluarga hendak pergi berlibur. Sebelum berangkat anda  menanyakan kepada istri dan anak anda, ”kemana kita akan pergi?” Istri anda menjawab ”terserah papa, ke taman safari juga boleh”. Sednagkan Anak sulung anda menjawab ”ke Ancol saja”. Kemudian anda langsung menancap gas keluar dari halaman rumah. Kemana anda akan pergi? Anda akan menghabiskan waktu di jalan untuk berfikir tempat yang anda tuju. Anda tidak bisa menikmatai perjalanan karena bingung memikirkan tempat yang cocok dengan keinginan anda, istri dan anak anda. Dan pada akhirnya anda tidak jadi berlibur hanya jalan-jalan keliling kota.
Hal berbeda akan terjadi jika sebelum melakukan perjalanan anda dan keluarga sudah terlebih dahulu menentukan tempat yang di tuju, Taman Safari. Anda tinggal merencanakan rute yang akan dilalui, perbekalan yang akan dibawa, dan berapa liter bensin yang diperlukan untuk perjalanan anda. Selebihnya anda menikmatai perjalanan dan liburan anda.
Begitu pentingnya memiliki sebuah impian dalam hidup, sebuah tujuan yang ingin anda capai. Bagi anda yang membaca tulisan ini, ciptakan impian besar anda, dan rasakan semangat yang memancar pada diri anda. Salam Excellent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar